6 Cara Dapatkan Tidur Berkualitas

By Admin Selasa, 13 September 2011 0 comments
mendapatkan tidur yang berkualitas
Anda pernah kesulitan untuk tidur? Mungkin anda sudah berusaha memejamkan mata sekeras-kerasnya namun tetap tak bisa tidur. Tenang, anda tidak sendirian. Setiap malam, banyak orang yang mengalami sulit tidur sama seperti Anda.

Sebagaimana kita tahu tidur merupakan salah satu obat yang paling mujarab ketika kita sudah lelah beraktivitas seharian. Kalau menurut para pakar, durasi waktu tidur yang baik itu sekitar 7,5 sampai 8 jam. Jika waktu tidur anda kurang dari angka tersebut, kemungkinan besar pagi anda akan terasa tidak nyaman dan berpotensi mengganggu aktivitas.

Ada beberapa tips yang dapat anda coba untuk meningkatkan kualitas tidur anda. Tips ini saya kutip dari Pete Bils, salah seorang peneliti di Select Comfort Company. Berikut adalah tipsnya.

  1. Sebisa mungkin kurangi cahaya yang ada di kamar anda. Semakin gelap semakin baik. Sedikit cahaya saja sebenarnya bisa mengganggu tidur, karena mata kita masih dapat mendeteksi pancaran cahaya yang berasal dari luar.
  2. Buatlah kondisi kamar anda senyaman mungkin. Sesuaikan suhu udara di kamar anda. Jangan terlalu panas, ataupun terlalu dingin.
  3. Jangan banyak minum minuman yang mengandung kafein pada siang hari. Seperti yang kita tahu bersama meminum minuman seperti kopi memang dapat menahan rasa kantuk. Hindari hal ini jika anda ingin mendapatkan tidur yang berkualitas.
  4. Satu jam sebelum tidur, sebaiknya anda sudah tidak bermain-main lagi dengan handphone, komputer atau menonton TV. Perangkat-perangkat tersebut dapat memancarkan sinar yang dapat mengganggu kelenjar pineal pada mata anda. Fungsi dari kelenjar pineal adalah untuk memproduksi enzim melatonin yang dapat membuat anda merasakan rasa kantuk.
  5. Usahakan untuk tidur pada waktu yang sama setiap malam, bahkan di saat akhir pekan. Hal ini untuk menciptakan kebiasaan tidur yang baik.
  6. Jika masih ada sesuatu yang ingin anda selesaikan seperti menyusun jadwal ataupun yang lainnya, sebaiknya lakukan satu atau dua jam sebelum tidur. Hal ini untuk menjaga otak anda agar tetap rileks dan tidak stress sebelum anda tidur.
Mudah-mudahan tips yang singkat ini bisa membantu anda untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Sharing is sexy
lintasberita

Baca Juga:

0 komentar untuk artikel ini

Beri Komentar