Orang Kaya Di China Bertambah

By Admin Jumat, 09 September 2011 0 comments
Liang Wengen, orang terkaya China versi majalah Forbes Asia. 
Gonjang-ganjing finansial global ternyata hanya sedikit berdampak pada pertumbuhan kekayaan orang China. Perekonomian China terus menambah jumlah jutawan di China. Majalah Forbes mengeluarkan daftar orang kaya China di Shanghai, Kamis (8/9).

Forbes menyatakan, China memiliki total 146 jutawan tahun ini, naik 14 persen dari 2010. China menempati peringkat kedua setelah Amerika Serikat yang memiliki 413 jutawan. Sebelumnya, China mengeluarkan laporan Hurun yang berisi orang-orang kaya China.

”Walau pasar saham menurun, kekayaan dari orang-orang sukses di China terus naik,” ujar Russel Flannery, senior editor dan pimpinan redaksi Forbes di Shanghai, kemarin.

Flannery mengacu pada pembangunan gedung, meningkatnya permintaan barang konsumsi, dan booming ekonomi yang terus mendorong kekayaan orang China. Perekonomian China bertumbuh sebesar 9,6 persen tahun ini dibandingkan dengan tahun lalu. ”Tingginya pertumbuhan produk domestik bruto memberikan dasar dan ruang untuk menemukan bisnis baru,” ujarnya.

Akan tetapi, semakin banyak juga orang kaya China yang menghindari publikasi tentang kekayaan mereka. Hal itu mencerminkan masih ada ketakutan kepada para pejabat serta semakin besarnya perbedaan antara kaya dan miskin. Keengganan membuka diri ini juga disebabkan semakin banyak jutawan yang meringkuk di penjara.

Pendapatan di pedesaan meningkat lebih lamban dibandingkan dengan pendapatan orang kota dalam dua dekade terakhir. Hal itu dapat menjadi faktor yang mencetuskan ketidakseimbangan sosial. Di China, masih ada 150 juta orang yang hidup dengan dana sebesar kurang dari setengah dollar AS atau kurang dari Rp 5.000 per hari.

”Banyak jutawan baru dalam beberapa tahun ini keluar dari daftar orang kaya Forbes Asia,” ujar Flannery. ”Saya rasa itu mencerminkan perubahan di dalam masyarakat China, banyak yang khawatir tentang semakin lebarnya jurang antara si kaya dan si miskin.”

Beberapa orang dari daftar orang terkaya Forbes telah meringkuk di penjara, termasuk Huang Guangyu, pendiri Gome Electrical Appliances Holdings Ltd, serta konglomerat properti dari Shanghai, Zhou Zhengyi. CLSA Asia-Pacific Markets pada sebuah kajian yang dikeluarkan kemarin memperkirakan, China akan menempati sekitar 60 persen porsi orang kaya di kawasan Asia dalam lima tahun ke depan.

Berjuang
Dalam daftar orang kaya versi Forbes tersebut, pada tempat teratas adalah Liang Wengen. Liang adalah pimpinan perusahaan Sany Heavy Industry. Satu hari sebelumnya, daftar orang kaya versi Hurun juga mencantumkan namanya. Forbes memperkirakan kekayaan Liang sebesar 9,3 miliar dollar AS, sedangkan Hurun memperkirakan asetnya 11 miliar dollar AS.

Ada tujuh eksekutif dari perusahaan alat berat ini yang masuk ke daftar orang kaya versi Forbes tahun 2011. Jumlah ini merupakan rekor terbanyak jumlah orang kaya dari satu perusahaan. Xiang Wenbo yang menempati urutan ke-79 menyatakan tidak merasa seperti pemenang.

Selain Liang, orang lain yang terkait dengan Sany berada dalam daftar orang kaya itu. Mereka antara lain Tang Xiuguo dan Mao Zhongwu. Liang, Mao, dan Tang adalah pendiri perusahaan itu. Anggota kelompok orang kaya itu juga termasuk Liu Yonghao, pengusaha agribisnis dan investor dari beberapa real estat.
”Ini merupakan kisah menakjubkan dari orang yang bertumbuh besar di tempat kumuh di Changsa, Provinsi Hunan,” ujar Flannery.

Menurut daftar jutawan versi Hurun, jumlah orang kaya di China terus bertambah. Ada 127 orang yang asetnya melewati 10 miliar yuan atau 1,56 miliar dollar AS. Angka ini naik 30 persen dari tahun sebelumnya.
Masih menurut Hurun, setiap satu dari 1.400 penduduk China atau 960.000 individu memiliki aset bernilai 10 juta yuan atau 1,57 juta dollar AS. Angka ini juga naik 9,7 persen sejak 2010.

Dalam daftar orang kaya versi Hurun, 55 persen adalah pebisnis, 20 persen spekulator properti, 15 persen pemain saham, dan 10 persen eksekutif yang menerima gaji.

China juga merupakan rumah bagi 60.000 orang superkaya yang memiliki 100 juta yuan atau lebih, meningkat 9 persen dari 2010.

Posisi kedua daftar orang kaya versi Forbes ditempati oleh Robin Li, pendiri Baidu. Baidu merupakan mikroblog mirip Twitter versi China. Diperkirakan, kekayaan Li sebesar 9,2 miliar dollar AS. Li dapat bertahan di antara orang-orang kaya itu jika harga saham Baidu yang dijual di AS tidak berfluktuasi.
Sementara itu, menurut versi Hurun, tempat kedua adalah Zong Qinghou dan keluarganya, pendiri perusahaan minuman Wahaha. Kekayaan Zong diperkirakan 10,7 miliar dollar AS.

Sumber: Kompas.com Sharing is sexy
lintasberita

Baca Juga:

0 komentar untuk artikel ini

Beri Komentar