Manfaat Buah Kiwi Bagi Manusia

By Admin Kamis, 05 April 2012 0 comments

Manfaat Buah Kiwi

manfaat buah kiwi
Anda tahu buah kiwi? Kiwi adalah sejenis buah beri. Buah ini memiliki bentuk yang agak oval, mirip seperti telur ayam. Ukurannya kira-kira sebesar 5-8 cm dengan diameter sekitar 4-5 cm. Jika buah kiwi ini dibelah, maka anda akan melihat struktur dalam buah ini yang hampir mirip dengan buah sawo. Hanya warnanya saja yang berbeda. Walaupun kecil, buah kiwi termasuk buah yang memiliki sejuta manfaat. Manfaat buah kiwi ini terutama adalah untuk kesehatan dan kecantikan. Tak heran banyak orang yang mengkonsumsi buah ini.

Khasiat utama buah kiwi adalah sebagai sumber vitamin, mineral, hingga sumber energi. Sudah banyak penelitian yang dilakukan untuk menkaji sejauh mana manfaat buah kiwi bagi orang yang mengkonsumsinya.
Berdasarkan penelitian dari Universitas Otago, Selandia Baru, buah kiwi ternyata memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Kandungan vitamin C yang terdapat di dalam buah kiwi bahkan lima kali lebih mudah diserap oleh tubuh jika dibandingkan dengan vitamin C yang berasal dari suplemen. Hal ini menunjukkan bahwa kandungan gizi buah kiwi sangatlah tinggi.

Dari Penelitian lain yang dilakukan oleh Dr. Paul LaChance, Direktur ‘The Nutraceuticals Insitute’ yang juga profesor di Rutgers University, Amerika Serikat, sebagaimana yang dimuat dalam ‘Journal of the American College of Nutrition’, memperlihatkan bahwa dari 27 macam buah yang biasa dikonsumsi manusia, ternyata buah kiwi mempunyai kepadatan nutrisi (nutrient density) yang paling tinggi. Ukuran kepadatan nutrisi memang lazim digunakan oleh para ahli diet untuk mengukur nilai gizi bahan makanan tertentu, dibandingkan bahan makanan lain dalam porsi yang sama. Semakin tinggi kepadatan nutrisi suatu bahan makanan, semakin baik mutu bahan tersebut.

Berikut ini adalah manfaat buah kiwi yang harus anda ketahui:

Manfaat Buah kiwi Bagi Kesehatan


1. Sebagai Nutrisi Untuk Ibu Hamil
Riset dari produsen kiwi Zespri menyebutkan manfaat buah kiwi adalah sebagai sumber asam folat yang baik. Asam folat sangat baik untuk wanita hamil atau pun yang sedang mempersiapkan kehamilan, karena dapat mencegah bayi cacat lahir pada otak atau syarat tulang belakang (Neural Tube Defect/NTD). Buah kiwi juga dapat mengatasi kekurangan zat besi.

2. Pencegah Hipertensi dan Penyakit Jantung
Menurut dr. Fiastuti Witjaksono, seorang Dokter Spesialis Gizi Klinik di Departemen Radioterapi RS Cipto Mangunkusumo, buah kiwi jenis Gold mengandung vitamin E lebih banyak dibanding buah lainnya. Kandungannya mencapai 1,49 miligram per 100 gram. Sedangkan kiwi jenis Green, memiliki kandungan vitamin E sedikit lebih rendah, yakni 1,46 miligram per 100 gram. Fiastuti menyatakan kerusakan sel tubuh manusia terjadi karena proses oksidasi oleh polusi, asap rokok, dan metabolisme tubuh. Akibat oksidasi tersebut di antaranya terjadi penuaan, penyakit jantung, dan kanker.

Manfaat buah kiwi tersebut diperkuat dengan hasil penelitian Anne Hermetet Alger dari Cornell University, Amerika Serikat, wanita yang mengkonsumsi vitamin E setiap hari sebesar 600 IU jangka panjang berisiko 10 persen lebih rendah terserang penyakit kanker dan paru paru dibanding yang tak mengonsumsi vitamin E.

Masih banyak lagi manfaat buah kiwi bagi kita, terutama untuk kecantikan. Tunggu di postingan selanjutnya ya... Sharing is sexy
lintasberita

Baca Juga:

0 komentar untuk artikel ini

Beri Komentar